The 7th Annual Scien­tific Meeting of Emergency Nursing (AS­MEN), Medan

November 10th, 2017 by admin

Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Pusat akan menyelenggarakan rapat kerja nasional dan workshop nasional yang dikemas da­lam The 7th Annual Scien­tific Meeting of Emergency Nursing (AS­MEN) yang dipu­satkan di Hotel Four Poi­nts Medan, mulai Kamis hingga Sabtu (9-11/11).

Ketua PP HIPGABI Pusat Amelia Ku­r­niati SKp MN kepada wartawan, Selasa (31/10) mengungkapkan, AS­MEN yang diselenggarakan di Medan ini merupakan ASMEN ketujuh.

“Jadi setiap tahun HIP­GA­BI itu mem­buat satu pelatihan update seminar untuk nasi­onal. Selain itu ada juga rapat kerja na­sional yang merupakan kewa­jiban HIP­GA­BI secara nasional untuk bertemu dan merencanakan program kerja selan­jut­nya agar tampak dampak­nya di masya­ra­kat,” tuturnya didam­pingi Ke­tua HIPGABI Sumut Dudut Tanjung MKep, SpKMB. 

Sekarang, lanjutnya, HIPGABI sudah terbangun di 23 provinsi plus satu di pusat. Jadi ada 24 utusan yang nanti bertemu dalam rakernas yang akan dibagi menjadi dua hari, yakni, seminar sehari pada 10 No­vember, kedua, workshop bagaimana kei­l­muan itu dipraktikkan langsung dengan de­monstrasi dan skill site-nya. “Ada 8 topik jika tidak salah, jadi luar biasa pada ASMEN ini,” cetusnya.

Dikatakannya, HIP­GA­BI Sumut itu be­nar-benar ber­pi­kir. Se­lain mengetahui se­cara ilmu, juga mampu melakukan hal-hal ke­gawatda­ru­ra­tan. Misalnya gawat da­ru­rat jantung, karena sekarang sudah ba­nyak kasusnya. Lalu, bagai­­mana kegawat­dar­uratan di rumah sakit dilihat dari early detec­tion(deteksi dini) itu juga ada pela­ti­ha­nnya. Bagaimana perawat mengin­den­tifikasi tanda-tanda perbu­rukan kasus se­hingga dapat diantisipasi tidak menjadi kasus gawat daru­rat. “Lebih melakukan an­tisipasi, itu juga ada workshopnya, bagus sekali,” pujinya.

Dia berharap, semoga ASMEN tersebut berdampak ter­hadap para perawat dan ma­syarakat umu­m­nya. Dengan adanya kegia­tan ini, peserta dapat meningkatkan ilmu­nya dan skillnya ten­tang kegawatdaruratan sehing­ga nanti para perawat dapat be­kerja lebih baik lagi secara kognitif dan skillnya. Untuk HIPGABI sendiri, perte­muan nasi­onal ini dapat mening­katkan prog­ram ker­ja­nya guna menyamakan langkah. Se­men­tara bagi yang baru segera diupg­rade, ya­ng lama bisa membimbing yang baru se­­hingga ter­jadi kerja sama untuk percepa­tan kegiatan HIPGABI ke depan.

Ketua HIPGABI Sumut  Dudut Tanjung me­nambahkan, kegiatan yang akan dilak­sa­na­kan di Hotel Four Po­i­nts Jalan Gatot Subroto Medan ini, di­tar­getkan dii­kuti 800 perawat atau lebih, baik dari utusan mau­pun non-utusan dari seluruh Indonesia, khu­sus­nya Medan dan Suma­tera Utara.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *