Tangga , Jendela & Kamar mandi

Keamanan di rumah adalah prioritas utama bagi setiap keluarga. Dua area yang sering menjadi fokus dalam upaya meningkatkan keamanan adalah tangga, jendela, dan kamar mandi. Inilah beberapa tips dan tindakan preventif untuk menjaga keamanan di area-area ini:

  • Rumah yang didalamnya dihuni oleh orang Ianjut usia dan anak-anak.lengkapi tangga dan kamar mandi dengan hand rail. Ini berfungsi sebagai tumpuan saat akan naik atau turun menyusuri tangga dan saat berada di kamar mandi supaya tidak terjatuh karena orang tua keseimbangan badan sering sudah terganggu. Pastikan juga supaya kamar mandi kering atau ada keset 
  • Tangga harus dilengkapi dengan lampu dan terang benderang sehingga tidak membuat penghuni celaka/jatuh karena tidak terlihatnya anak tangga.
  • Setiap anak tangga dilengkapi dengan anti slip dan tidak licin, besaran dan jarak anak tangga yang sama. Tidak terlalu besar/jauh dan tidak terlalu sempit/kecil.
  • Hati-hati dengan celah atau kisi-kisi besi di tangga yang bisa menjadi “mainan” untuk anak memasukkan kepala dan badan diantaranya (terjepit).
  • Bagi rumah yang mempunyai jendela besar sampai ke bawah, sebaiknya kaca dilapisi dengan lapisan plastik seperti pada kaca mobil. Sehingga apabila anak bermain atau naik sepeda dan menabraknya, maka diharapkan pecahan kaca tidak langsung mengenai anak.
  • Dibawah jendela diberikan tanaman atau tanah gembur, jangan dibeton sehingga saat jatuh tidak langsung mengenai daratan.
  • Ajarkan anak untuk tidak bermain/bercanda saat membawa piring, getas atau benda tajam. Pastikan anak sudah cukup besar dan stabil apabila di minta untuk ikut membantu membawa baki yang berisi gelas atau piring untuk disajikan. Bahkan bila baki penuh gelas yang berisi air pun, orang dewasa memerlukan konsentrasi dan usaha yang cukup besar. 
  • Biasakan saat memanaskan atau menjalankan mobil untuk memeriksa bagian belakang atau bawah mobil, apakah ada anak yang sedang bersembunyi atau binatang.
  • Penempatan hand rail di kamar mandi untuk orang lanjut usia akan sangat membantu. Usahakan untuk membuat lantai kamar mandi dan kering tidak membahayakan untuk anak dan orang tua. Sudut-sudut yang tajam dapat dibuat bulat atau diberikan bantalan. Bila mungkin, gunakan toilet duduk lansia untuk menghindari terjungkal. 
  • Penggunaan botol minuman bekas dengan isi ulang berbagai cairan kimia yang berwarna-warni sangat lumrah ditemukan di rumah. Beritahu anak dan beri tanda atau tempat khusus bahwa botol-botol tersebut bukan cairan untuk di konsumsi dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Anak-anak harus diajarkan berenang sejak dini, apalagi bila tinggal dekat sungai, kali atau sumber air yang besar. Di rumah yang mempunyai kolam ikan koi (berbahaya karena menarik untuk anak tetapi lantainya licin) yang terletak di bawah dan anak dapat “nyemplung” ke kolam tersebut, hati-hati walau tinggi air di kolam tersebut tidak melebihi dari betis atau mata kaki anak. Namun, saat anak masuk dan terpeleset sehingga jatuh dengan posisi terlentang maka anak akan “tenggelam”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This field is required.

This field is required.