Penggunaan sabuk pengaman saat berkendara

Ketika berada di jalan raya, keselamatan adalah aspek utama yang tidak boleh diabaikan. Salah satu langkah sederhana namun sangat efektif untuk melindungi diri sendiri dan penumpang adalah dengan menggunakan sabuk pengaman. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya penggunaan sabuk pengaman dan bagaimana kebiasaan sederhana ini dapat menyelamatkan nyawa.

Cara memakai sabuk pengaman dengan benar adalah seperti gambar di atas. Sabuk pengaman harus pada bahu bukan di leher

Penggunaan sabuk pengaman pada anak harus tepat, perlu diwaspadai bahaya Submarining (merosot/seperti menyelam) sehingga tali sabuk pengaman berada di leher anak dan dapat memenggal leher. Tambahkan bantal di jok pada anak, sehingga posisi tali sabuk berada tepat di bahu. 

Seluruh penumpang harus menggunakan sabuk pengaman karena saat tabrakan, penumpang yang berada di jok belakang akan menabrak jok depan yang dapat menyebabkan patah tulang leher (servikal) yang menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian

Jangan membiasakan memangku anak saat berada di mobil, bila terjadi turnbukan pada mobil, maka anak yang dipangku tanpa menggunakan sabuk pengarnan berfungsi sebagai air bag bagi si Ibu dan sama seperti anak dilindas dengan truk yang mempunyai berat 1 ton. 

Penumpang di depan dapat terjepit antara seat belt yang “Locked” dan didorong penumpang belakang (tanpa sabuk pengaman), yang dapat menyebabkan cedera organ dalam bahkan Ruptur Aorta (pembuluh darah besar di jantung, abdomen dan organ- organ padat lainnya)

Fungsi Door Lock. Anak tidak dibiasakan duduk sendiri di belakang dan dapat membuka jendela dan pintu sendiri. Maksimalkan fungsi lock pada pintu belakang dan kaca sehingga anak-anak dapat aman berada di kendaran

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This field is required.

This field is required.